Kerumunan massa, kerlap kerlip lampu hias, serta barisan perahu di tengah Sungai Martapura membuat tampilan taman titik nol yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman ini terlihat berbeda dari biasan.

Ya, kemeriahan itu memang  disiapkan untuk merayakan ulang tahun kota Banjarmasin ke-493, sekaligus menyambut para tamu undangan kegiatan City Sanitation Summit (CSS) ke-XIX yang diadakan pada 23-25 September 2019.

Dalam sambutannya, Ibnu Sina, Walikota Banjarmasin mengatakan, mandat sebagai tuan rumah acara CSS ke-XIX  ini telah ditetapkan sejak tahun 2018 lalu saat penutupan CSS ke-XVIII. “Kami mengucapkan terimakasih dan selamat datang kepada semuanya. Keinginan kami tidak hanya menjamu Bupati/Walikota anggota Aliansi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi, peserta dan tamu undangan CSS XIX saja. Melainkan kami juga mengajak semua untuk turut dalam syukuran dan kemeriahan hari jadi kota kami,” ujarnya.

Lebih lanjut, diharapkan CSS kali ini bisa meningkatkan komitmen semua pihak, untuk semangat meningkatkan pembangunan sanitasi. “Pada CSS XIX , komitmen para bupati/walikota diharapkan semakin kuat. Bagi para kepala daerah baru yang sedang menyusun RPJMD diharapkan bisa melakukan sinkronisasi RPJMN 2020-2024, serta relevan dengan agenda SDGs 2030,” tuturnya seperti yang dikutip dalam AKKOPSINERGI.

Mengakhiri sambutannya, disebutkan bahwa CSS XIX kali ini akan diisi dengan beragam acara menarik. Mulai dari sosialisasi RPJMN 2020-2024 oleh Bambang Brodjonegoro, Menteri PPN/Kepala Bappenas, paparan Standar Pelayanan Minimum (SPM) oleh Dirjen Bina Bangda, Kemendagri, paparan arahan kebijakan strategis infrastruktur yang disampaikan oleh Prasetyo, Direktur PPLP, KemenPUPR, talkshow berbagi dari bupati/walikota, hingga presentasi poster terkait inovasi pembangunan sanitasi yang ada saat ini.

Diharapkan juga CSS XIX ini bisa mempererat kolaborasi antar semua pihak terkait. “Tujuannya tidak lain untuk meningkatkan pembangunan sanitasi guna mencapai penyediaan akses sanitasi aman untuk semua masyarakat di tahun 2030 mendatang,” pungkasnya.