Program SEHATI (Sustainable Sanitation and Hygiene for Eastern Indonesia) adalah sebuah program peningkatan kapasitas bagi pemangku kepentingan di tingkat kabupaten, kecamatan, desa dan pengusaha sanitasi untuk memastikan bahwa pemerintah daerah mampu memimpin dan mengimplementasikan 5 pilar STBM di tingkat masyarakat. Dengan pendanaan sebesar 3.000.000 Euro dari Kedutaan Besar Kerajaan Belanda, serta kontribusi dari mitra SEHATI dan pemerintah lokal, program ini bertujuan untuk mencapai akses universal terhadap air dan sanitasi tahun 2019 melalui pendekatan STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat).

Tanpa terasa Program SEHATI telah berjalan kurang lebih 2 tahun di 7 kabupaten di Indonesia Timur dan telah menunjukkan hasil yang memuaskan dalam rangka memastikan keberlanjutan 5 pilar STBM. Beberapa capaian sejauh ini antara lain: terbitnya peraturan Bupati tentang implementasi STBM, naiknya anggaran STBM 5 Pilar, meningkatnya peran pemerintah daerah untuk monitoring dan menindaklanjuti temuan di tingkat desa, serta meningkatkan kapasitas desa dalam melaksanakan program 5 pilar STBM.

Buku ini berisi praktek – praktek cerdas dan strategis dari mitra SEHATI (Yayasan Masyarakat Peduli, CD Bethesda YAKKUM, Plan International Indonesia, Yayasan Dian Desa, dan Yayasan Rumsram) dalam mendorong keberlanjutan 5 pilar STBM di 7 kabupaten. Kami berharap buku ini dapat memberi inspirasi bagi berbagai pihak dalam membangun Indonesia yang leibh maju dan sejahtera.

Klik link ini untuk cerita yang lebih lengkap: https://drive.google.com/open?id=1-ZgnKPS_arMkYxvb2hc0yXYfkb1AXxPE