Menstruasi masih tabu untuk dibicarakan secara terbuka di masyarakat karena dianggap hal yang kotor dan hanya merupakan urusan perempuan semata. Banyak orang tua enggan mengajak anak perempuan berbicara mengenai topik ini. Begitu juga di sekolah, para guru sering alpa untuk menjelaskan menstruasi kepada anak didik. Akibatnya, banyak anak perempuan tidak mendapatkan informasi yang benar terkait menstruasi. Tidak sedikit perempuan yang terjebak pada berbagai mitos yang merugikan kesehatan. Mereka terpaksa menahan sakit dan tidak memberitahukan kepada teman atau keluarga karena takut. Selain itu, mereka sering kali tidak tahu apa yang harus diperbuat ketika mengalami menstruasi yang menyebabkan mereka tidak menggunakan pembalut sama sekali atau tidak mengganti pembalut dalam jangka waktu yang sangat lama.

Di tingkat sekolah dan sarana umum, masih banyak ditemukan berbagai fasilitas yang tidak ramah terhadap perempuan, seperti: tidak ada pembagian kamar mandi berdasarkan jenis kelamin, tidak tersedianya pembalut cadangan di sekolah, tidak ada air bersih dalam kamar mandi dan tidak ada sarana pembuangan pembalut di dalam kamar mandi. Di sisi lain, kasus perundungan terhadap anak perempuan yang sedang menstruasi masih banyak terjadi yang menyebabkan mereka tertekan atau tidak nyaman ketika sedang menstruasi.

Pembahasan tentang menstruasi juga masih minim tidak hanya di rumah dan sekolah, tetapi juga di ruang-ruang publik. Padahal, menstruasi merupakan hal normal yang dialami oleh perempuan produktif. Dengan mendukung dan memberikan informasi yang benar mengenai menstruasi, maka kita berkontribusi pada kesejahteraan perempuan dan anak perempuan. Oleh karena itu, sudah saatnya kita mendobrak tabu mengenai menstruasi dan mendiskusikan secara terbuka, baik antara laki-laki dan perempuan, maupun antara orang tua dan anak-anaknya.

Berangkat dari itu, Jejaring AMPL pada 2019 lalu menerbitkan buku “Mendobrak Tabu Menstruasi”. Buku ini merupakan potret dari upaya yang dilakukan oleh Jejaring AMPL untuk meningkatkan kesadaran atas pentingnya kesehatan dan kebersihan menstruasi di masyarakat. Penerbitan buku ini juga bertujuan untuk sosialisasi MKM kepada masyarakat dan pemerintah.

Untuk download buku silahkan klik link berikut: https://drive.google.com/open?id=1MqcPpBzqnqxIkFhp7Y94mkV1ls2fMJXw