JAKARTA – Tanggal 28 Mei diperingati sebagai Menstrual Hygiene Day (MHD) atau Hari Kebersihan Menstruasi di dunia. Setiap tahunnya, Indonesia juga tidak ketinggalan untuk memperingati Hari Kebersihan Menstruasi. Hal ini berangkat dari kesadaran berbagai pihak bahwa manajemen kebersihan menstruasi  (MKM) mempunyai implikasi penting untuk kesehatan remaja. Kesadaran mengenai MKM tidak hanya penting untuk perempuan tapi juga untuk laki-laki.

Pada tahun 2018, Menstrual Hygiene Day telah sukses menjangkau publik yang lebih luas melalui serangkaian kegiatan mulai dari kampanye online, offline, dan acara puncak yang diselenggarakan di CGV Grand Indonesia pada tanggal 28 Mei 2019. Tahun ini, selain anggota yang sudah terlibat sejak 2018 seperti UNICEF, WVI, SNV, SPEAK Indonesia, SIMAVI, Yayasan Plan Internasional Indonesia, dan YPCII,   Jejaring AMPL juga menggandeng lebih banyak mitra seperti Forum Anak, PKBI, SBH, dan ASV.

Untuk mempersiapkan MHD 2019, serangkaian rapat persiapan telah dilaksanakan. Pada tanggal 25 April 2019 diadakan rapat di Pokja AMPL dengan anggota Jejaring (UNICEF, WVI, SNV, SPEAK Indonesia, SIMAVI, Yayasan Plan Internasional Indonesia dan YPCII) dan mitra (Forum Anak, PKBI, SBH, dan ASV) untuk membahas finalisasi ToR dan konsep acara. Terdapat beberapa perbedaan dengan konsep MHD tahun sebelumnya. Pada tahun ini, rangkaian acara yang akan digelar adalah pelatihan MKM untuk mitra NGO dan organisasi remaja, roadshow di berbagai kota di Indonesia, kampanye online yang melibatkan influencer dan public figure nasional, dan puncak acara dengan konsep festival.

Pada pelatihan MKM yang akan difasilitasi oleh WVI pada tanggal 29-30 April 2019, selain edukasi mengenai MKM, peserta akan diajak membuat sebuah action plan untuk melaksanakan roadshow. Akan diadakan juga lomba vlog (video blog) dan fotografi dengan tema MKM untuk remaja. Harapannya, selain meningkatkan kesadaran tentang MKM ke publik yang lebih luas, rangkaian acara ini juga dapat meningkatkan komitmen multipihak terhadap isu MKM di Indonesia.