Hari Kebersihan Menstruasi Sedunia/Menstrual Hygiene Day (MHD) setiap tahunnya diperingati pada tanggal 28 Mei. Angka 28 diambil dari rata-rata siklus menstruasi dan angka 5 dari rata-rata jumlah hari dalam 1 periode menstruasi.

Di Indonesia, sejak tahun 2017, Jejaring Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) telah memperingati MHD dengan melibatkan lintas kementerian/lembaga dan mitra pembangunan.

Pada tahun 2020 ini, Jejaring AMPL kembali merayakan MHD dengan mengangkat tema “Menstruasi Saat Pandemi”. Tema ini dipilih karena pada tahun 2020 secara global, seluruh negara, termasuk Indonesia tengah dilanda pandemi COVID-19.

Ditengah kondisi seperti ini, tantangan untuk memenuhi akses semua orang terhadap Manajemen Kesehatan dan Kebersihan Menstruasi (MKM) dinilai semakin berat, terutama dengan diberlakukannya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk meminimalisir penyebaran virus COVID-19.

Menjaga kesehatan dan kebersihan menstruasi menjadi tidak maksimal karena ada rasa takut dan khawatir ketika berpergian untuk membeli pembalut, atau mengakses sarana air bersih dan sanitasi layak, terutama bagi mereka yang belum memiliki akses di dalam rumah. Padahal, menstruasi tidak berhenti pada saat pandemi.

Dengan kembali melibatkan lintas kementerian yaitu Bappenas, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, serta mitra pembangunan seperti UNICEF, SNV, Yayasan Plan International Indonesia, SIMAVI, GIZ, YPCII, Pokja PPAS Nasional, Wahana Visi Indonesia, Speak, dan beberapa komunitas remaja, seluruh rangkaian kegiatan MHD tahun 2020 ini diadakan secara daring.

MHD 2020 diharapkan bukan sekadar perayaan tahunan semata, namun juga bisa menjadi upaya bersama untuk meningkatkan pemahaman, dukungan, serta komitmen semua pihak untuk sama-sama bergerak membumikan isu MKM di Indonesia.

Untuk download laporan lengkapnya, silahkan klik link berikut untuk versi Bahasa Indonesia:

https://drive.google.com/file/d/1knB6w3GNQ9C0MC2CGK9kfRP2pRpfh5xE/view?usp=sharing

Klik link berikut untuk versi Bahasa Inggris:

https://drive.google.com/file/d/1N3SNOzx6v0BL7FAK5UFbCkZNZ1O6_JUX/view?usp=sharing