“Jejaring AMPL (Air Minum dan Penyehatan Lingkungan) memiliki peran strategis yang signifikan dalam mendorong perubahan perilaku terkait sanitasi, akses air minum, PHBS dan advokasi kebijakan yang relevan. Akan lebih kuat apabila Jejaring tidak hanya berkiprah dipusat tetapi juga di daerah” ungkap Deputi Bidang Pengembangan Regional Ir Rudy Soeprihadi Prawiradinata, MCRP, Ph.D dalam acara pembukaan Halal Bihalal Jejaring AMPL pada tanggal 4 Juli 2018 di Bappenas, Jakarta.

Pengurus Jejaring AMPL periode 2014-2018 dan pengurus baru terpilih 4 tahun kedepan

Hal senada disampaikan Deputy Gubernur Provinsi DKI Jakarta DR. Oswar M. Mungkasa, yang juga tokoh pendiri Jejaring AMPL. Pak Oswar tidak pernah menyangka Jejaring tetap aktif dan berkontribusi hingga hari ini setelah 10 tahun berselang. Pengalamannya di Jejaring menjadi nilai lebih saat ia bekerja saat ini di  pemda DKI.

Hadir dalam kegiatan ini perwakilan dari institusi baik pemerintah, swasta, NGO Internasional dan lokal serta mitra media, yang selama ini berkecimpung di bidang air minum dan penyehatan lingkungan. Halal Bihalal ini dikombinasi dengan Rapat Tahunan Anggota Jejaring AMPL sekaligus pemilihan pengurus baru Jejaring AMPL periode 2018-2022.

Terpilih sebagai Ketua Pelaksana Harian Jejaring AMPL yang baru adalah Wahanuddin dari Bappenas. Dalam kesempatan itu, ia menyampaikan bahwa Jejaring AMPL dapat melakukan program mendukung SDGs dan mensinergikan program dengan lembaga-lembaga seperti AKKOPSI (Aliansi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi) yang terdiri dari dari para kepala daerah.

Pengurus baru yang lain sebagai Ketua Bidang adalah Reza Hendrawan (Unicef) dan Heri Ferdian (Plan International), serta Nyoman S (SNV) sebagai Sekretaris Umum untuk periode 2018-2022. Pelantikan pengurus baru akan dilakukan pada bulan November 2018 mendatang, penjelasan dari Wiwit Heris Sekretaris Umum Jejaring AMPL

Dalam kegiatan ini juga muncul beberapa rekomendasi yang akan ditindaklanjuti Jejaring AMPL, seperti fokus pada air minum selain sanitasi, optimalisasi pengalaman dan praktik terbaik untuk replikasi dan penguatan kerjasama.