STBM Award 2018, Apresiasi Kepada Daerah Berprestasi

Pada tanggal 4 September 2018 telah dilaksanakan rapat koordinasi ke-5 terkait rencana  penyelenggaraan acara STBM Berkelanjutan Award 2018 di Kementerian Kesehatan. Hadir dalam rapat adalah tim dari Kemenkes, KemenPUPR, Kemendagri, BAPPENAS,  USDP, serta Jejaring AMPL antara lain Unicef, SNV, Wahana Visi Indonesia  dan  USAID IUWASH PLUS, SPEAK Indonesia dan YPCII .

STBM  Award merupakan tindak lanjut dari kesepakatan Rakornas STBM 2017 tentang kerjasama 5 (lima) kementerian dalam penuntasan akses sanitasi masyarakat. Award ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada 21 kabupaten/kota yang telah berhasil pada pilar 1  STBM serta mengupayakan keberlanjutannya. Tim juri yang terdiri dari pihak-pihak  independen sampai saat ini telah meakukan tahapan penjurian dari  kabupaten/kota yang terdaftar dalam e-MONEV. Selanjutnya akan dilakukan penjurian secara bertahap.

Rencananya acara penganugerahan STBM Berkelanjutan Award akan diselenggarakan pada minggu ke-3 bulan  Oktober 2018, didalamnya akan diadakan pula talkshow hasil review pembelajaran STBM di Indonesia  yang akan disampaikan oleh Bappenas atas dukungan Unicef. Diharapkan dalam talkshow ini  akan didapatkan temuan menarik disertai dengan masukan dan rekomendasi STBM kedepan.

Dengan adanya STBM Berkelanjutan Award, diharapkan akan menjadi pemicu bagi daerah lainnya untuk mencapai target STBM dan melahirkan banyak inovasi untuk percepatan Universal Akses 2019 maupun SDG’s 2030. Diseminasi pembelajaran terbaik  bagi kabupaten/kota lain tentu akan mendorong  replikasi  untuk keberhasilan implementasi STBM di seluruh Indonesia.