Siapa sih Oky?atau apa sih Oky? Untuk menjawab rasa penasaran kalian, artikel ini disusun untuk memberikan informasi lengkap seputar Oky.

Oky merupakan aplikasi edukasi menstruasi bagi remaja yang dilengkapi dengan berbagai fitur menarik dengan penuh manfaat. Sebagai aplikasi menstruai, Oky tidak hanya berguna untuk memantau siklus menstruasi saja, namun juga sebagai pusat informasi edukasi mengenai Manajemen Kebersihan dan Kesehatan Menstruasi (MKM).

Data Yayasan Plan Internasional Indonesia (YPII) 2018, menunjukkan 63% orang tua tidak pernah menjelaskan tentang menstruasi kepada anak perempuannya. 20,9% anak perempuan tidak permah mendiskusikan menstruasi dengan orang dewasa/ orang tua sebelum memasuki masa menstruasi. Begitu juga di sekolah, para guru sering alpa untuk menjelaskan menstruasi kepada anak didik, sehingga tidak heran bahwa sebanyak 39% anak perempuan pernah mengalami perundungan/bullying oleh temannya saat menstruasi. Minimnya informasi ini nyata berakibat pada kemampuan anak perempuan dalam mengelola menstruasinya dengan normal dan percaya diri.

Nah, aplikasi Oky yang dikembangkan oleh UNICEF dan mitranya ini hadir untuk menjawab tantangan keterbatasan informasi akan kebersihan dan kesehatan menstruasi yang dialami oleh anak-anak perempuan dan remaja. Aplikasi ini merupakan solusi digital yang mampu mendukung dan melengkapi edukasi tatap muka, serta sumber informasi terpercaya tentang menstruasi dan pubertas yang dapat diakses kapanpun oleh penggunanya.

Dalam aplikasi Oky, setidaknya ada empat (4) fitur menarik yang akan menambah informasi dan edukasi bagi para pengguna terkait isu Kebersihan dan Kesehatan Menstruasi (MKM) yaitu, pertama ada  fitur Buku Harian yang akan membantu mencatat siklus menstruasi kalian, suasana hati, kondisi tubuh, aktivitas, hingga mencatat kuantitas darah menstruasi. Fitur ini berguna agar siklus dan kondisi menstruasi kalian terpantau dengan baik setiap bulannya, sehingga bila terjadi keterlambatan siklus atau ada kondisi lain kalian bisa langsung mengetahuinya.

Fitur kedua yaitu Kuis dan Tips, fitur ini dikembangkan untuk menambah dan menguji kemampuan pengguna seputar isu MKM dan pubertas. Dimaksud menguji dalam fitur kuis adalah pengguna akan ditanyakan beberapa pertanyaan sederhana seputar menstruasi.

Tetapi, jangan khawatir karena Oky merupakan aplikasi edukasi dan informasi MKM, jadi jika kalian tidak mengetahui jawabannya, aplikasi ini sudah menyiapkan jawaban dan penjelasan yang lengkap seputar pertanyaan-pertanyaan sederhana tadi. Contohnya, pada saat awal membuka aplikasi ini kalian akan ditanyakan berapa lama panjang waktu haid kalian?atau ditanyakan tentang berapa hari panjang siklus haid. Nah setelah itu, akan ada opsi jawaban yaitu apakah kamu mengetahui atau tidak mengetahui. Jika tahu jawabannya kalian bisa langsung mengisi, jika tidak maka akan muncul jawaban dan penjelasan. Informatif sekali bukan?

Fitur ketiga yaitu Ensiklopedia yang berguna sebagai pusat informasi lengkap seputar menstruasi, mulai dari penjelasan apa itu menstruasi, apa saja mitos yang beredar, bagaimana cara membersihkan dan membuang sampah bekas pembalut yang benar, dan masih banyak lagi. Menariknya ensiklopedia Oky juga menyajikan informasi tentang gaya hidup, lawan jenis, hingga kondisi terkini, seperti Covid-19. Tujuan fitur ini ialah untuk memberikan informasi akurat tentang fakta-fakta menstruasi bagi pengguna Oky, sehingga bisa terhindar dari mitos dan berita bohong alias Hoax yang banyak beredar dan meresahkan.

Fitur terakhir, keempat ialah fitur pengaturan yang akan membantu pengguna untuk mengatur tampilan aplikasi Oky di ponselnya agar lebih menarik. Pada fitur ini pengguna bukan hanya bisa memilih background, namun bisa memilih avatar teman Oky dan juga menentukan bahasa yang digunakan. Selain itu, ada juga informasi tentang Oky, syarat  dan ketentuan, serta kebijakan privasi. Jadi kalian bisa mengetahui secara jelas bagaimana aplikasi ini bekerja.

Keistimewaan Oky ternyata tak hanya dari fitur-fiturnya saja yang menarik, tetapi juga datang dari kemudahan mengunduh dan menggunakan aplikasi ini. Oky merupakan aplikasi yang bisa digunakan tanpa kuota, karena kuota hanya akan dibebankan pada saat pertama kali kalian unduh/download aplikasi ini. Selebihnya pengguna bisa berselencar bebas menggunakan Oky tanpa harus pusing memikirkan kuota.

Karena Oky bukan sebatas aplikasi mencatat siklus menstruasi, tapi juga aplikasi informasi dan edukasi seputar MKM dan pubertas, maka aplikasi ini bisa digunakan oleh semua kalangan, mulai dari remaja perempuan, remaja laki-laki, orang tua, hingga guru. Manfaat yang diharapkan ialah agar lebih banyak pihak yang memahami tentang edukasi menstruasi, sehingga semua orang nantinya bisa punya pengetahuan yang sama seputar menstruasi dan tidak lagi menganggap menstruasi sebagai hal tabu untuk diperbincangkan.

Oky juga bisa dipergunakan dengan minimal usia 10 tahun, tujuannya agar bisa menjangkau remaja-remaja perempuan yang baru pertama mengalami menstruasi, sehingga mereka bisa mempersiapkan diri dengan tepat. Nah dengan semua keunggulan Oky ini, jadi tunggu apalagi, segera unduh/download dan gunakan Oky. Untuk download caranya juga mudah cukup klik bit.ly/unduhoky atau google play “Oky Indonesia”dan jadikan menstruasimu seru dengan Oky. Ingat jangan sampai menstruasi menghalangi kalian untuk tetap beraktivitas dan berkarya.